Senin, 21 November 2011

PERAN DAN FUNGSI LEMBAGA KAMPUS


1.   KETUA
Dalam kontek Universitas atau institute ini ada sebuah lembaga yang dinamakan dengan Rektorat tapi dalam kontek STAI ataupun STIT ini masih dengan sebutan ketua, seperti yang ada di STITMA ini. Disini ada namanya Ketua, Pembantu Ketua I, Pembantu Ketua II, Pembantu Ketua III, dan ada staf – stafnya.
Ketua : Mempunyai wewenang dalam menentukan dan memutuskan suatu kebijakan – kebijakan dan aturan – aturan yang sesuai dengan kontek perguruan tinggi.
PUKET I : Mempunyai tanggung jawab dalam membuat sebuah kurikulum sebagai bahan pengajaran.
PUKET II : Mengatur jalannya keuangan dan anggaran – anggaran yang dipergunakan dikampus.
PUKET III : mempunyai tanggung jawab penuh dalam mengurusi kemahasiswaan dan lembaga – lembaga kemahasiswaan yang ada dikampus.

2.  BEM
BEM Universitas dengan BEM STAI/STIT juga berbeda, dalam BEM universitas ada yang dinamakan BEM FA (fakultas) ada juga HMJ (himpunan Mahasiswa Jurusan). Tapi pada FORMASI edisi yang Ke-2 ini saya hanya akan membahas BEM STAI/STIT. Sesuai dengan skema yang telah saya buat diatas BEM mempunyai tanggung jawab penuh dalam melaksanakan program – program kerja kegiatan yang sesuai dengan peran dan fungsi masing – masing struktur yang dipimpin oleh presiden dan dibantu oleh wakil presiden.

3.  DPM/BLM
DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa), mempunyai kedudukan yang sama dengan BEM, karena sama – sama mempunyai garis intruktif dan juga garis koordinatif, sehingga peran BEM dan DPM adalah peran yang sangat urgen dalam menjalankan peran dan fungsinya secara sinergis.
DPM mampunyai tugas yang sangat penting dalam menentukan peran dan fungsi masing – masing lembaga yang ada dikampus. DPM mempunyai wewenang dalam membuat dan menentukan;
1.        Legislasi (membuat undang – Undang)
2.   Anggaran (semua lembaga yang ada dikampus akan membuat program kerja dan anggaran yang mana akan disampaikan kepada DPM, sehingga DPM yang akan memutuskan sesuai atau tidaknya anggaran dengan program kerja yang akan dilaksanakan dan kontribusi untuk mahasiswa.
3.    Control (DPM mempunyai wewenang dalam mengkontrol semua lembaga yang ada dikampus)

    Dengan sangat penuh pertimbangan saya tidak dapat menempatkan posisi UKM pada struktur lembaga di Kampus. Alasan yang sangat ideal bagi saya adalah, karena UKM ini adalah lembaga untuk menampung sebuah minat bakat mahasiswa, yang mana ketika berbicara minta bakat dalam struktur BEM sudah ada departemen – departemen masing – masing. sehingga saya mengatakan ini adalah kecarut - marutan lembaga yang ada dikampus, sehingga perlu adanya revitalisasi lembaga – lembaga yang ada dikampus.

PKT (Paradigma Kritis Tranformatif)
Peran dan fungsi masing – masing lembaga sangat penting, sehingga ketika kita mengharapkan peran dan fungsi yang sesui, berjalanlah sesuai dengan peran dan fungsi anda masing – masing…


Refleksi diri
Aku berkata pada kalbuku saat didera rasa takut yang mengejutkan,
"Bergembiralah, sebab kebanyakan hal yang kau takuti adalah dusta"
Seorang penyair mengatakan,
Air, roti, dan naungan konon
adalah nikmat yang paling besar
Penulis; 250389
Aku mengingkari nikmat Rabb-ku
jika aku berkata itu sedikit saja
Aku berkata pada kalbuku saat didera rasa takut yang mengejutkan,
"Bergembiralah, sebab kebanyakan hal yang kau takuti adalah dusta"
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar